02 Mei 2013

SALAM DUNIA MAMASAK

Memasak adalah suatu kegiatan yang sangat menarik . Apalagi untuk  dikalangan wanita. Akan tetapi untuk urusan berbisnis dalam lingkup yang besar sangatlah diperlukan tenaga yang besar dan kuat, seperti di industri hotel atau catering.Memasak adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. untuk itu saya mengajak semua atau siapa saja untuk belajar memasak dengan pengetahuan dasar memasak . Berikut akan saya berikan metode memasak :






 Panas kering Metode Memasak (Dry heat Cookery Methods)

Dalam metode memasak panas kering, makanan yang dimasak tidak menggunakan air untuk memasak makanan. Makanan yang tersisa kering dan panas diterapkan untuk memasak makanan. Metode tersebut memasak adalah: kue, mengukus, memanggang, dan pemanggangan. Ketika panas diterapkan untuk makanan, memasak makanan dalam jus sendiri atau air yang ditambahkan ke dalam makanan selama persiapan menguap selama proses pemanasan dan memasak makanan ini. Panas diterapkan langsung ke makanan dengan cara konveksi sehingga makanan dapat dimasak. .Adapun metodenya sbb.




 Pembakaran
(Baking)

Dalam metode baking memasak, makanan dimasak menggunakan pemanasan konveksi. Makanan yang dimasukkan ke dalam ruang tertutup dimana panas ini kemudian diterapkan dan gerakan panas dalam ruang terbatas, bertindak pada makanan yang membuatnya mendapatkan dimasak.

 Mengukus
(Steaming)

Untuk makanan steam, air ditambahkan ke panci dan kemudian berdiri ditempatkan di dalam pot. Tingkat air harus di bawah berdiri dan bukan di atasnya. Tidak ada kontak antara makanan dan air yang ditambahkan ke panci. Makanan ini kemudian ditempatkan di atas dudukannya dan panas diterapkan. Uap panas yang naik dari air mendidih bertindak pada makanan dan makanan akan dimasak. Ini adalah uap panas yang memasak makanan, karena tidak ada kontak antara makanan dan air di dalam panci. Metode memasak untuk sayuran sangat baik sebagai makanan tidak kehilangan rasa dan banyak nutrisi tidak hilang selama memasak.

 Memanggang (Grilling)

Ada dua metode memanggang yang digunakan hari ini. Salah satu jenis memanggang adalah salah satu yang umum digunakan oleh orang-orang di desa. Ini adalah ketika makanan dimasak di atas arang panas di api terbuka. Makanan ditempatkan di atas arang terbakar. Kadang-kadang orang berimprovisasi dengan menggunakan besi garis-garis (grill) dan tempatkan di atas api terbuka untuk ikan grill atau sayuran. Metode lainnya adalah dengan menggunakan panggangan yang inbuilt di kompor. Dalam metode ini, pemanggang, yang memiliki baki, dipanaskan dan makanan ditempatkan di nampan panggangan untuk memasak. Panas dapat gas yang dihasilkan atau listrik yang dihasilkan tergantung pada jenis kompor yang digunakan. Makanan lagi tersisa untuk memasak di atas panggangan dengan pintu grill terbuka. Orang-orang yang mampu membeli kompor akan menggunakan bagian memanggang panggangan makanan mereka. Apa yang terjadi dalam jenis memasak adalah menutup panas bagian luar makanan dan jus, dalam memasak makanan itu. Rasa makanan tidak hilang dan banyak nutrisi tidak hilang, . Makanan sering diserahkan untuk mencegah pembakaran dan memastikan bahwa pemanasan yang sama dan waktu memasak diterapkan untuk kedua sisi makanan. Dengan melakukan hal ini, makanan dimasak secara merata dan menyeluruh.

Pembakaran
  (Roasting)

Dengan memanggang, panas langsung diterapkan untuk makanan. Segel panas bagian luar makanan dan jus dalam memasak makanan makanan. Memanggang terutama digunakan saat memasak makanan berdaging seperti ikan, daging atau ayam. Ketika panas diterapkan untuk penutup luar makanan,sehingga semua jus dalam makanan. Tindakan pemanasan langsung, memanaskan cairan dalam makanan, yang kemudian memasak makanan. Lagi pula  sangat sedikit nutrisi hilang dan rasa Makanan sering diputar selama pemanasan sehingga panas menerap ke seluruh bagian makanan. Hal ini agar panas yang diterapkan secara merata ke makanan untuk membuatnya mendapatkan cara masak dengan benar.
Dalam metode memasak panas lembab, cairan digunakan sebagai media untuk memasak makanan. Media tersebut bisa berupa air, krim kelapa atau minyak. Cairan ini ditambahkan ke makanan sebelum panas diterapkan untuk itu atau kadang-kadang panas diterapkan untuk cairan sebelum makanan yang ditambahkan ke dalam peralatan masak untuk dimasak. Metode memasak panas basah meliputi: mendidih, stewing, shallow frying, deep frying, barbequing dan olesi. Semua metode ini memasak panas basah menggunakan cairan untuk memasak makanan masuk

Mendidih
(Boiling)

Ini adalah metode yang paling umum dari memasak dan juga yang paling sederhana. Dengan metode ini memasak, cukup air ditambahkan ke makanan dan itu kemudian dimasak di atas api. Tindakan dari air panas membuat makanan untuk mendapatkan dimasak. Cairan ini biasanya dibuang setelah makanan dimasak. Dalam kasus menanak nasi, semua air diserap oleh butir beras untuk membuatnya matang. Selama proses pemanasan, nutrisi bisa hilang atau hancur dan rasa dapat dikurangi dengan metode ini memasak. Jika Anda atas dimasak kubis, semua nutrisi dapat hilang.

Irisan tipis dengan air banyak (Stewing)

Dalam proses memasak dengan menggunakan metode
stew, makanan dimasak menggunakan banyak cairan. Berbagai jenis sayuran cincang, potong dadu atau potong dadu dan ditambahkan ke panci. Kadang-kadang potongan daging yang dipilih, ikan atau ayam juga cincang dan ditambahkan ke rebusan. Cairan makanan yang sedikit menebal dan direbus disajikan dengan cara itu. Metode ini juga digunakan ketika mempersiapkan buah-buahan yang akan disajikan sebagai makanan penutup. Dengan metode memasak, setiap makanan yang dimasak bersama-sama pada waktu yang sama dalam satu pot. Rasa, warna, bentuk dan tekstur dari sayuran yang berbeda yang digunakan, stew adalah cara mudah untuk memasak. Satu-satunya kelemahan adalah bahwa beberapa sayuran mungkin matang sehingga kandungan nutrisi menjadi jauh lebih sedikit.  me. Dengan cara ini banyak kandungan gizi dari makanan tidak hilang.

Goreng ( Frying)

Ketika makanan digoreng menggunakan minyak atau lemak padat adalah penting bahwa Anda mengamati beberapa aturan dalam menangani minyak atau lemak. Aturan sederhana untuk mengikuti saat menggoreng: 1.Pastikan cukup minyak atau lemak dimasukkan ke dalam wajan atau wajan yang dalam. 
2.Aktifitas makanan untuk dimasak harus tidak memiliki air yang menetes dari itu. Hal ini karena ketika air datang ke dalam kontak dengan minyak panas atau lemak, Anda akan memiliki minyak mendesis dan meludah keluar dari panci, yang bisa membakar kulit Anda jika Anda tidak hati-hati. 
3.Taruh makanan ke dalam minyak panas dengan hati-hati. Cobalah untuk tidak membuat percikan besar karena minyak bisa membakar kulit Anda.
 4.Minyak atau lemak harus dipanaskan sampai suhu yang tepat sebelum meletakkan makanan ke dalam wajan untuk digoreng. Jika makanan yang dimasukkan ke dalam ketika minyak atau lemak tidak dipanaskan sampai suhu yang tepat, makanan akan menyerap minyak dan Anda akan memiliki makanan yang berminyak atau berminyak semua. Jika minyak atau lemak selesai dipanaskan,  Kadang-kadang makanan terutama kacang, adonan akan berubah menjadi cokelat tetapi di dalam  adonan mentah. Untuk memasak makanan dengan menggunakan metode menggoreng, 
Ada dua cara untuk menggoreng yaitu. menggoreng dengan minyak sedikit dan metode minyak banyak (deep frying).

Goreng
dengan minyak sedikit (Shallow Frying)

Dalam shallow frying, makanan dimasak dalam wajan dengan jumlah sedikit minyak atau lemak. Minyak atau lemak dipanaskan sampai jumlah yang cukup dan makanan dimasukkan ke dalam minyak panas. Makanan dimasak selama beberapa menit atau diaduk sekitar beberapa kali sebelum dimasak. Jika roti, keripik kentang atau makanan yang  digoreng, yang terbaik adalah  menempatkan selembar kertas coklat atau serbet kertas di dalam baki untuk menyerap minyakdari makanan .

 Goreng dengan minyak banyak (Deep Frying)

Ini adalah cara memasak dengan banyak minyak atau lemak yang digunakan dalam memasak makanan. Minyak atau lemak biasanya dimasukkan ke dalam panci yang mendalam dan dipanaskan sampai titik didih. Makanan ini kemudian dimasukkan ke dalam minyak mendidih panas dan dimasak dengan cara itu. Makanan seperti ikan jari, keripik kentang, bakso,  untuk beberapa nama, yang dimasak dengan menggunakan metode deep frying.

 
Panggang, biasanya dengan sauce barbeque (Barbeque)

Metode memasak makanan dengan barbequing biasanya berhubungan dengan aktivitas pengumpulan dana, pesta atau piknik. Hal ini paling cocok untuk memasak daging, ikan atau ayam potong. Makanan biasanya direndam dengan rempah-rempah dan pelunak (untuk memotong daging)  sebelum dimasak. Dengan metode ini memasak, lempengan logam yang berdiri dipanaskan dan sedikit minyak digunakan untuk memasak makanan diatasnya.

 Oles
/siram (Basting)

Metode memasak biasanya terkait dengan memanggang. Jus atau cairan yang keluar dari daging yang dimasakdisiramkan kedaging tersaebut yang sedang dipanggang dengan sering saat  sedang dipanggang. Bagian luar dari daging sering dibasahi selama proses memasak dengan jus yang keluar . Biasanya, jus ekstra dari daging dimasak ditambahkan ke campuran untuk membuat saus daging.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking